-->

8 Cara Ampuh Meredam Emosi

8 Cara Ampuh Meredam Emosi - Halo sahabat AKN, pada artikel ini akan membahas tentang cara menghilangkan emosi yang berlebihan yang pada dasarnya kebanyakan orang pasti sering emosi terhadap sesuatu yang terjadi.

Kenapa emosi berlebihan itu bisa terjadi? Pada umumnya karena tertekan yang tidak bisa diekspresikan hingga timbul marah yang berlebihan, dan sering kita lihat timbulnya emosi itu karena merasa telah diabaikan, tidak dihargai, serta merasa tidak nyaman.
8 Cara Ampuh Meredam Emosi
Baca juga:

Emosi yang berlebihan juga dapat menimbulkan hal yang negatif, dan sebaliknya jika emosi itu ditahan bisa membuat depresi. Kebanyakan orang beranggapan bahwa emosi hanya akan timbul dari rasa jengkel atau marah terhadap orang lain, ada juga yang mengatakan sumber emosi itu dari rasa sakit. Namun kenyataannya emosi juga sering muncul ketika sedang sendirian.

Kesehatan fisik dan mental juga dapat berdampak negatif saat emosi tidak dapat dikendalikan, karena emosi negatif diterima oleh System Limbic yang ada di dalam bagian otak dan mengontrol kinerja organ tubuh.

Sebenarnya cara yang sehat untuk melepaskan rasa yang terpendam adalah dengan mengekspresikan emosi, akan tetapi perlu sobat identifikasi emosi itu sendiri agar tidak berlebihan, serta mencari solusi atas masalah yang ada.

Nah, untuk mengatasi hal yang menyebabkan emosi seperti yang sudah AKN identifikasi di atas, sobat dapat membaca 8 sikap dalam hal meredam emosi berikut ini.

1. Tenangkan pikiran

Marah adalah hal yang paling teringat jika sedang emosi, tapi coba berpikir dengan tenang dan diam sejenak atas dasar apa sobat marah. Marah memang tidak ada yang melarang, tapi coba untuk mengungkapkan dengan baik tanpa harus ada yang tersinggung.

2. Segarkan diri

Disaat seseorang sedang emosi, pasti pernafasannya tidak seimbang karena amarah yang dikeluarkan tanpa henti. Tindakan sederhana yang perlu dilakukan dengan menarik nafas dalam-dalam secara perlahan. Hal ini dapat membantu mengurangi amarah sobat.

3. Cobalah untuk sendiri dulu

Agar emosi tidak menjadi berlebihan, sobat bisa coba untuk menjauh sendiri, seperti pergi ke suatu tempat yang nyaman untuk berpikir mencari solusi tanpa harus mengeluarkan amarah. Ini bisa menjadi sobat lebih bersikap dewasa.

4. Lakukan sesuatu

Jika sobat di sibukan dengan suatu aktivitas fisik seperti berlari atau ikut fitness, karena olahraga juga bisa meredam emosi disebabkan karena pengalihan kesibukan fisik yang mengeluarkan hormon untuk membuat seseorang merasa tenang.

5. Istighfar

Jika emosi semakin meningkat dan hati menjadi tidak nyaman maka kecerdasan otak akan menurun, maka seringlah untuk Istighfar agar otak dapat berpikir positif atas masalah yang menyebabkan emosi.

6. Jangan berpikir negatif

Jika sedang emosi, seseorang akan lebih memikirkan hal negatif dan berprasangka buruk dan menekan lebih dalam terhadap orang lain. Tapi coba hapuslah pemikiran buruk itu, karena jika semakin memikirkan hal negatif akan menjadi tindakan yang tidak dapat dikendalikan dan pada akhirnya akan merugikan diri sobat sendiri.

7. Berpikirlah positif

Hidup dapat kita kontrol dengan baik jika berpikir secara positif, karena dapat mencegah dalam mengambil keputusan yang salah. Maka dari itu jika kita berpikir positif dengan sendirinya emosi akan hilang.

8. Hindari kekerasan

Emosi boleh asal tidak berlebihan apalagi sampai timbul tindak kekerasan. Jalan terbaik sobat fokus pada solusi agar terhindar dari amarah.

Bagaimana dengan tips diatas, apakah dapat membantu sobat dalam meredam emosi? Hal yang paling penting menurut AKN dalam meredam emosi adalah dengan cara berpikir positif, karena hal yang positif tentu dapat mengontrol amarah.

Baca juga:

Nah, itulah postingan artikel AKN untuk kesempatan ini, semoga artikel ini dapat membuat amarah kamu bisa dikendalikan saat terjadi emosi, karena kita tidak pernah tau kapan dan dimana emosi itu akan timbul dan pada siapa emosi itu kita tertuju.

Untuk itu silahkan sobat bagikan artikel ini ke media sosial agar teman sobat tahu apa yang harus dilakukan ketika sedang emosi agar tidak menimbulkan permasalahan yang semakin rumit. Salam luar biasa!