5 Tips Agar Baterai Laptop Lebih Awet

Advertisement
Hai sobat, kali ini AKN akan memberikan tips agar baterai laptop lebih awet dan tahan lama hemat dalam pemakaiannya serta akan memperpanjang usia penggunaan baterai.

Hampir semua orang menggunakan laptop untuk segala aktivitas yang dikerjakan menggunakan komputer. Banyak sebagian orang lebih memilih untuk mengerjakan sesuatu dengan laptop diluar rumah dengan suasana yang tentram dan nyaman.

Mengerjakan pekerjaan diluar rumah atau alam terbuka dengan laptop tentu saja baterai laptop sudah di carger dengan penuh karena tidak ada tempat cas ketika baterai laptop habis.

Nah, untuk itu perlu kamu tahu bahwa ada beberapa cara yang bisa membuat baterai laptop kamu lebih awet dan tahan lama dalam memakainya dan juga bisa menghemat tagihan listrik tanpa harus mengulang untuk mengisi daya baterai.

5 Tips Agar Baterai Laptop Lebih Awet

Bagi kamu yang ingin membuat baterai laptop kamu lebih awet dan tahan lama, berikut ini ada 5 tips yang dapat kamu pratekkan pada laptop kamu.
Baca juga: Cara Terbaru Membuka Situs yang Diblokir
1. Aktifkan Power Saver

Power Saver adalah fitur yang bisa kamu manfaatkan untuk bisa menghamat penggunaan baterai pada laptop kamu karena secara otomatis akan memanajemen penggunaan daya pada laptop sehingga menjadi lebih hemat dalam pemakaiannya.

Mengatur Power Saver sangat cocok diatur untuk menghemat daya ketika laptop hanya kamu gunakan untuk aktivitas mengetik dokumen karena pengaturan Power Saver ini akan mematika performance yang tidak penting sehingga lebih sedikit menggunakan daya baterai.

Untuk mengaktifkan Power Saver, kamu bisa masuk ke Control Panel> System and Security> Power Options> Change battery settings> kemudian ubah pilihan ke Power saver. lihat gambar

5 Tips Agar Baterai Laptop Lebih Awet

2. Mengatur Power dan Sleep

Pada pengaturan ini kamu bisa mengatur berapa lama waktu layar untuk redup ketika sedang kamu tinggalkan sebentar dan berapa lama layar akan mati ketika kamu belum kembali menggunakan laptop serta berapa lama laptop kamu akan sleep/tidur dalam kondisi idle ketika kamu kamu tinggalkan dalam waktu yang lama.

Hal ini sangat perlu kamu atur agar daya baterai laptop kamu tidak terbuang secara percuma ketika sedang tidak kamu gunakan.

Kamu bisa mengatur lama waktu layar redup, layar mati, dan mengatur lama waktu sleep ketika kamu tinggalkan.

Untuk mengaturnya, silahkan masuk ke Control Panel> System and Security> Power Options> Change battery settings> pada Power Plan yang kamu aktifkan klik Change plan settings, kemudian silahkan kamu tentukan lama waktu ketika laptop kamu tinggalkan terakhir klik Save changes. lihat gambar

5 Tips Agar Baterai Laptop Lebih Awet

3. Turunkan Screen Brightness

Layar merupakan komponem laptop yang banyak menggunakan daya baterai, oleh sebat itu jika kamu ingin baterai laptop awet dan lama masa pemakaiannya, maka silahkan turunkan screen brightness pada layar laptop kamu.

Untuk mengatur Screen brightness, silahkan sesuaikan juga dengan kenyamanan mata kamu saat menatap pada layar laptop. Cara mengatur screen brightness silahkan masuk ke Control Panel> System and Security> Power Options> Change battery settings> lihat kebagian paling bawah ditengah dan silahkan turunkan Screen brightness sesuai dengan kenyamanan mata kamu. lihat gambar

5 Tips Agar Baterai Laptop Lebih Awet

4. Mengatur Power Plan (Adnvanced)

System Operasi Windows dilengkapi dengan power plan default dan juga bisa untuk membuat power plan baru yang dapat di modifikasi, bahkan power plan default yang sudah ada juga bisa di modifikasi sesuai kebutuhan untuk menghemat penggunaan baterai pada laptop.

Pada pengaturan power plan Advanced atau pengaturan lanjutan ini, kamu bisa mengatur secara manual yaitu mengatur kapan windows akan mematikan hardisk ketika tidak digunakan, menghentikan desktop background, mematikan wifi, dan lain sebagainya.

Untuk mengatur power plan Advanced ini, silahkan masuk ke Control Panel> System and Security> Power Options> Change battery settings> pada Power Plan yang kamu aktifkan klik Change plan settings, kemudian klik Change advanced power settings dan silahkan atur sesuai keinginan kamu dan jangan lupa klik OK setelah kamu mengaturnya. lihat gambar

5 Tips Agar Baterai Laptop Lebih Awet

5. Matikan Startup Program

Setiap aplikasi yang di instal di laptop, beberapa diantaranya ada yang berjalan dengan sendirinya dibelakang background saat laptop dihidupkan meskipun program tersebut tidak penting sama sekali dan tentunya juga mengkonsumsi daya baterai.

Oleh karena itu, jika memang program atau aplikasi tersebut tidak kamu butuhkan untuk selalu hidup saat laptop kamu hidupkan, maka kamu bisa mematikannya dengan cara mendisable aplikasi yang berjalan tersebut pada pengaturan System Configuration.

Untuk mematikan startup program caranya klik Start> All Program> Accessories> kemduian klik Run atau cara cepat tekan tombol Win+R. ketikan kata MSCONFIG pada kolom yang tersedia dan klik OK untuk membuka System Configuration, klik menu Startup dan silahkan matikan program yang kamu rasa tidak penting dengan cara menghilangkan tanda centang pada nama program tersebut, jika sudah klik OK dan silahkan Restart laptop kamu. lihat gambar

5 Tips Agar Baterai Laptop Lebih Awet

Semakin sedikit startup program yang berjalan maka semakin hemat penggunaan daya baterai dan semakin cepat proses laptop saat dihidupkan.
Baca juga: Cara Menambah Daya Tahan Pemakaian Baterai Smartphone
Nah, itulah 5 tips agar baterai laptop lebih awet dan pastinya akan menghemat konsumsi daya baterai. Bagaimana sobat, apakah kamu sudah melakukan salah satu tips yang AKN sebutkan diatas? Tips diatas perlu kamu lakukan untuk menghemat daya tahan baterai pada laptop kamu.

Cukup sekian artikel kali ini, semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam penggunaan laptop untuk menghemat daya baterai laptop kamu, dan jika tips diatas sudah kamu praktekkan untuk menghemat baterai laptop kamu, silahkan bagikan artikel ini ke media sosial agar teman kamu yang lainnya juga bisa menjaga baterai laptop mereka supaya awet dan tahan lama waktu pemakaiannya. Salam luar biasa!

Dapatkan update terbaru via email atau invite Channel BBM PIN: C0047DC12

0 Response to "5 Tips Agar Baterai Laptop Lebih Awet"

Poskan Komentar

Ketentuan Berkomentar:
[+] Dilarang berkomentar Spam
[+] Dilarang berkomentar yang berbau Sara atau Pornografi
[+] Dilarang berkomentar keluar dari topik artikel diatas
[+] Dilarang membuat link aktif