Cara Menambah Daya Tahan Pemakaian Baterai Smartphone

Advertisement
Salam jumpa sobat, setelah penggunaan smartphone dalam jangka waktu yang lama, tentunya semakin lama maka daya tahan baterai semakin berkurang. Pernahkah sobat mengalami hal seperti ini?. Oleh sebab itu, artikel kali ini AKN akan menjelaskan bagaimana cara menambah atau mengembalikan daya tahan baterai smartphone seperti baru lagi.

Umumnya semua orang berpikir dengan memakai aplikasi pihak ketiga seperti aplikasi yang mengatakan akan meningkatkan daya tahan baterai menjadi lebih lama. Padahal ini salah besar, justru penggunaan baterai menjadi semakin boros karena digunakan oleh aktivitas aplikasi tersebut.

Banyak pengguna smartphone yang terjebak dengan aplikasi yang menawarkan perpanjangan penggunaan baterai, tanpa disadari sebaliknya malah akan semakin menguras penggunaan baterai dengan menginstal aplikasi yang mengatakan akan menghemat baterai.

Baca juga: Cara Ganti tampilan DP BBM Layar Penuh

Sebenarnya tidak ada aplikasi yang sanggup memperpanjang usia atau meningkatkan daya tahan baterai smartphone, karena yang ada aplikasi itu sendiri yang akan menguras daya baterai untuk mengerjakan tugasnya yang on time selalu aktif menjaga aplikasi agar tidak menggunakan daya baterai secara berlebihan, sementara aplikasi itu sendiri kita tidak tahu berapa tenaga baterai yang diperlukan untuk melakukan tugasnya dalam menjaga aplikasi lain agar tidak menggunakan daya baterai tersebut.

Lalu, bagaimana juga cara menjaga daya taha baterai agar penggunaan awet?. Salah satu cara yang paling ampuh adalah dengan tidak menginstal banyak aplikasi pada smartphone, tapi disini bukan itu yang AKN maksud. Tentunya kita akan mengembalikan performance daya tahan baterai seperti baru lagi dengan melakukan kalibrasi terhadap baterai.

Hal ini sobat tidak perlu menggunakan aplikasi apapun untuk meningkatkan daya tahan baterai, karena menggunakan aplikasi penghemat baterai itu justru akan semakin menguras tenaga baterai pada smartphone kamu.

Kita hanya perlu melakukan kalibrasi terhadap baterai dengan cara pemakaian hingga benar-benar daya baterai itu habis dan mati sendiri, artinya mengosongkan daya baterai hingga 1% sampai smartphone kamu mati dengan sendirinya.

Biar kamu tidak semakin bingung dengan tujuan utama artikel ini, AKN akan menjelaskan langkah-langkah yang sangat gampang untuk kamu lakukan dalam menambah atau meningkatkan daya tahan pemakaian baterai pada smartphone kamu.

Berikut cara melakukan kalibrasi terhadap baterai smartphone untuk meningkatkan daya tahan pemakaian.
  1. Gunakan smartphone kamu seperti biasanya sehari-hari.
  2. Pada saat smartphone kamu mengeluarkan notifikasi bahwa baterai lemah, abaikan saja dan terus saja pakai hingga mencapai 1% bahkan mati dengan sendirinya. lihat gambar
    Cara Menambah Daya Tahan Pemakaian Baterai Smartphone
  3. Dari gambar diatas, dengan kapasitas baterai 1% tersebut, kamu hanya perlu memakainya sampai baterai benar-benar habis dan smartphone kamu mati dengan sendirinya.
  4. Saat smartphone sudah mati, silahkan charging sampai penuh dengan catatan smartphone jangan dihidupkan sampai baterai penuh.
  5. Charging dengan adapter aslinya jangan cas dengan adapter lain apalagi merek lain, karena setiap adapter charger smartphone berbeda-beda output mA (mili Ampere) yang dihasilkan charger, tentu bila di cas dengan adapter asli smartphone telah menyesuaikan output dengan input pada baterai smartphone.
  6. Jika baterai smartphone kamu sudah penuh, jangan di cabut dulu chargernya, langsung saja dihidupkan smartphone kamu dengan catatan charger masih terhubung dengan smartphone.
  7. Saat smartphone kamu sudah hidup dan baterai sudah penuh, biarkan charger itu terhubung hingga 10 menit dari saat smartphone kamu hidupkan, tujuannya untuk mengisi pemakaian baterai saat tombol power kamu tekan.
  8. Setelah 10 menit berlalu dari pertama smartphone dihidupkan, barulah kamu cabut chargernya, dan gunakan seperti biasa.
  9. Ulangi hal ini hingga 3x, lakukan hal yang sama dari langkah 1 sampai 8 sebanyak 3x berturut-turut.
  10. Jika sudah kamu lakukan 3x secara berturut-turut, kamu akan merasakan sendiri lama pemaikaian baterai pada smartphone kamu. lihat gambar
    Cara Menambah Daya Tahan Pemakaian Baterai Smartphone
  11. Gambar di atas AKN baru melakukan 2x kalibrasi baterai dengan melakukan langkah-langkah di atas, dari baterai 100% hingga 1% dengan waktu penggunaan 23 jam lebih 24 menit dengan pemakaian normal yaitu, dual-sim on, telponan, main game, camera, dengar musik, nonton video, streaming dan chating line, whatsapp serta bbm-an dan menjalankan beberapa aplikasi favorit AKN lainnya.

Nah, bagaimana dengan tutorial di atas, mudah bukan? Kamu sangat perlu melakukan kalibrasi terhadap baterai smartphone kamu dengan langkah-langkah mudah yang telah AKN jelaskan di atas.

Perlu juga sobat ketahui beberapa tips berikut untuk menjaga baterai smartphone sobat agar tetap memiliki daya tahan yang lama.
  • Jika kamu sudah melakukan langkah di atas selama 3x pertama, seterusnya lakukan lagi selama pemakaian tiap bulan satu kali kalibrasi, agar baterai smarphone kamu menjadi lega dan awet.
  • Jangan pernah charging dengan adapter lain, tapi charging lah dengan adapter smartphone sobat sendiri, karena mengingat setiap adapter itu berbeda tegangan outputnya, hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada baterai smartphone kamu.
  • Jika smartphone kamu mengeluarkan notifikasi baterai lemah, segera lakukan charging untuk mempertahankan daya tahan baterai saat smartphone dalam kondisi hidup.
  • Hapuslah aplikasi-apliaksi yang jarang atau tidak pernah kamu gunakan untuk mencegah penggunaan baterai.
  • Jangan menginstal aplikasi yang menawarkan penghematan daya baterai, karena itu akan semakin menguras daya baterai pada smartphone kamu.

Itulah tips yang dapat AKN bagikan pada kesempatan ini, jika kamu melakukan hal-hal yang telah AKN sebutkan di atas dengan benar dan teratur, AKN yakin cukup menggunakan satu baterai untuk pemakaian smartphone selamanya tanpa harus mengganti dengan baterai baru, karena penggantian baterai baru tidak sama dengan baterai asli yang memang telah ada saat pembelian smartphone, walaupun penjual mengatakan itu baterai asli untuk smartphone sesuai tipe yang kamu pakai, tapi itu tidak akan menjamin daya tahan yang sama dengan yang asli karena baterai asli itu hanya ada saat pertama kali kamu membeli smartphone saja.

Baca juga: Cara Telpon Paling Murah Unlimited Kesesama Smartphone

Jika kamu melihat atau mengetahui teman kamu menggunakan aplikasi penghemat baterai di smartphone mereka, kamu bisa sarankan teman kamu untuk membaca artikel ini, agar tahu apa yang sebenarnya yang harus dilakukan untuk menghemat baterai, bukan malah semakin menguras tenaga baterai.

Bagaimana dengan artikel ini, apakah artikel ini dapat membantu kamu dalam hal menjaga daya tahan baterai smartphone? Jika iya, jangan lupa bagikan artikel ini ke teman kamu dengan cara klik tombol bagikan di bawah, agar teman kamu juga bisa melakukan kalibrasi terhadap baterai smarphone mereka dan melakukan tips-tips yang telah AKN sarankan buat kamu sehingga baterai smartphone teman kamu juga menjadi lebih tahan lama dalam penggunaan smartphone. Salam luar biasa!

Dapatkan update terbaru via email atau invite Channel BBM PIN: C0047DC12

0 Response to "Cara Menambah Daya Tahan Pemakaian Baterai Smartphone"

Poskan Komentar

Ketentuan Berkomentar:
[+] Dilarang berkomentar Spam
[+] Dilarang berkomentar yang berbau Sara atau Pornografi
[+] Dilarang berkomentar keluar dari topik artikel diatas
[+] Dilarang membuat link aktif