Cara Root Smartphone Android Dengan Mudah Tanpa PC

Advertisement
Salam jumpa sobat, artikel ini membahas tentang cara root android dengan komputer tentunya kamu pasti sudah tahu tentang yang namanya root kan. Yuk disimak artikelnya.

Semartphone dengan Sistem Operasi Android sangat banyak penggunanya, terutama banyak digunakan oleh kalangan para remaja. Kita tahu bahwasanya perangkat smartphone android banyak memberikan aplikasi dan games gratis di play store bahkan di luar dari play store juga sudah banyak bertebaran aplikasi dan games berbayar yang dapat di download gratis dengan cuma-cuma. Tapi, tahukah kamu, beberapa diantaranya aplikasi dan games membutuhkan akses ke file system dalam smartphone milik kamu, hal ini biasa disebut oleh para pengguna yaitu memberi Akses Root.

Pada dasarnya akses root yang kita berikan pada smartphone android agar dapat melakukan modifikasi pada perangkat android seperti salah satunya mengganti latar belakang pada toolbar notifikasi smartphone, sebagian orang lainnya hanya ingin dapat menjalankan aplikasi yang membutuhkan akses ke file system.

Langsung saja untuk cara root smarphone android ini tanpa menggunakan PC/komputer cukup dengan menginstal aplikasi pada perangkat android kamu, cara ini hampir bisa dilakukan pada semua jenis smartphone baik merek luar maupun sebagian merek di dalam negeri sendiri.

Baca juga: Cara Mudah Root Android Dengan Komputer

Disini AKN akan memberikan dua cara mudah dalam memberikan akses root pada smartphone kamu yaitu menggunakan aplikasi Frameroot yang paling gampang digunakan atau menggunakan aplikasi Towelroot sebagai alternatif jika Frameroot tidak mendukung dengan tipe perangkat android kamu.

1. Root menggunakan Frameroot
Sebelum kamu melakukan root dengan aplikasi Frameroot ini, sebaiknya kamu perlu periksa tipe perangkat smartphone android yang kamu gunakan mendukung ataukah tidak root menggunakan Frameroot (periksa disini). Jika kamu tidak dapat menemukan nama ataupun tipe perangkat kamu, kamu tidak perlu kuwatir dengan hal itu, kamu bisa langsung saja mencoba lakukan root, karena jika memang tidak bisa root, maka kamu tidak akan melihat perintah untuk instal root pada aplikasi tersebut.

Jika kamu sudah siap, langsung saja kita mulai:
  • Download dan lakukan instalasi Frameroot versi terbaru disini  ( pssword binbox: #inKnUSsA )
  • Setelah berhasil di instal, buka aplikasi Frameroot dan pilih Instal Superuser atau SuperSU. lihat gambar
Instal SuperSu atau Superuser

  • Setelah itu kamu akan melihat pilihan Aragorn dan Gandalf, pilihan ini sama-sama untuk melakukan root, tapi lebih baik kamu memilih Gandalf. lihat gambar
Instal Aragorn atau Gandalf

  • Dan tunggu hingga proses root selesai dengan menampilkan notifikasi bahwa root berhasil atau tidaknya. lihat gambar
Notifikasi Berhasil root atau tidak

  • Langkah yang terakhir, pastikan kamu restar perangkat smartphone android kamu, dan pastikan aplikasi SuperSu atau Superuser muncul pada menu smartphone kamu. lihat gambar
Muncul SuperSU atau Superuser Jika Root Berhasil

  • Jika muncul maka root selesai.
Jika cara di atas gagal memberikan akses root terhadap smartphone android kamu, maka kamu dapat mencoba cara kedua berikut ini.

2. Root menggunakan Towelroot
Cara melakukan root dengan aplikasi Towelroot ini juga hampir semua smartphone mendukungnya, walaupun aplikasi ini masih tergolong baru yng dibuat oleh George Hotz (geohot) seorang hacker yang pernah membuat aplikasi Jailbreak untuk iOS beberapa waktu lalu.

Langsung saja ke intinya:
  • Download dan installah aplikasi Towelroot seperti biasa disini  ( password binbox: #IX7lais7 )
  • Kemudian jalankan aplikasinya dan klik "make it rain" untuk memulai proses root. lihat gambar
Root dengan aplikasi Towelroot

  • dan tunggu hingga proses root selesai.
Lihatlah video tutorial root smartphone dengan aplikasi Towelroot:


3. Root menggunakan Kingroot
Cara yang paling mudah menurut AKN adalah menggunakan Kingroot ini, setelah AKN mencoba kedua aplikasi diatas, semua tidak berhasil, untuk Kingroot sendiri AKN cukup yakin bahwa hampir semua merek dan tipe smartphone dapat melakukan root dengan Kingroot.

AKN saja menggunakan smartphone Evercoss Elevate Y Power dengan tipe A75L sukses melakukan root dengan Kingroot, padahal smartphone ini tergolong sangat baru keluaran Januari 2015 lalu.

Langsung saja ya untuk mempermudahkan kamu melakukan root dengan Kingroot, AKN berikan tutorial beserta screenshot, cuma beberapa langkah tidak sempat AKN ambil, tapi akan AKN jelaskan secara detail nantinya.
  • Pertama, tentunya kamu harus mengunduh aplikasi Kingroot versi terbarunya disini. ( password binbox: #o3eTdAnv )
  • Kemudian instal aplikasi tersebut, seperti biasa pastikan kamu telah mengaktifkan izin instal aplikasi dari sumber tidak dikenal pada pengaturan keamanan smartphone kamu dengan memberi tanda ceklist yang ada dibox. lihat gambar
Root menggunakan Kingroot

  • Setelah berhasil kamu melakukan instalasi, kemudian buka dan jalankan aplikasi Kingroot, maka kamu akan melihat adanya lingkaran warna hijau biasanya disertakan dengan merek dan tipe smartphone kamu. kemudian klik atau tekan pada lingkaran hijau tersebut untuk memulai proses melakukan root. jika nanti muncul popup untuk menginstal aplikasi KingUser maka kamu beri tanda ceklist dan kemudian klik "Tetap Instal". Maaf lupa ambil screenshot. (Note: Usahakan terhubung dengan internet, Root dengan Kingroot membutuhkan koneksi internet untuk mengunduh Kinguser).
  • Jika sudah selesai maka akan keluar verifikasi berhasil atau tidaknya melakukan root terhadap smartphone kamu. lihat gambar
Root menggunakan Kingroot

  • Jika sukses root maka kamu akan melihat "Root Successfully". lihat gambar
Root menggunakan Kingroot

  • Dan kamu akan melihat adanya apliaksi "Kinguser" pada menu smartphone kamu. lihat gambar
Root menggunakan Kingroot

Bagaimana, mudahkan? cara ini sangat simple, kamu tidak perlu melakukan restart pada smartphone android kamu, akses root sudah bisa digunakan. AKN sangat merekomendasikan kamu menggunakan cara ini, karena tidak begitu ribet seperti cara-cara yang sudah AKN bagikan pada cara-cara sebelumnya. Jika cara ini tidak bisa, kamu bisa mencoba cara lainnya yang sudah AKN sebutkan diatas atau menggunakan komputer untuk melakukan root.

Baca juga: Cara Install 2 BBM pada Smartphone Android dengan Mudah

Note: Segala hal yang terjadi atau kerusakan pada smartphone android kamu merupakan tanggungjawab sendiri, AKN hanya memberi cara saja sesuai dengan pengalaman.

Itulah dua cara melakukan root pada smartphone android dengan sangat mudah tanpa harus menggunakan komputer, dengan begitu kamu sudah dapat mengintal segala jenis aplikasi yang ingin kamu gunakan dan dapat mengakses file dalam sistem menggunakan root explorer.

Jika kamu telah berhasil melakukan root pada semarphone kamu dengan cara yang AKN jelaskan dalam artikel ini, silahkan beritahu teman kamu dengan membagikan artikel ini ke media sosial. Salam luar biasa!

Dapatkan update terbaru via email atau invite Channel BBM PIN: C0047DC12

4 Responses to "Cara Root Smartphone Android Dengan Mudah Tanpa PC"

  1. bro kingroot nya ga bisa di download

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba download langsung ke situsnya kingroot.net

      Hapus
  2. untuk asus zenfone 4 dan 4c gimana caranya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika semua cara di atas tidak berhasil melakukan root pada smartphone asus, silahkan agan gabung dgn grup fb yg sesuai dengan merek dan tipe smartphone agab, biasanya disana sudah lengkap tutorialnya untuk smartphone dengan merek tertentu.

      Hapus

Ketentuan Berkomentar:
[+] Dilarang berkomentar Spam
[+] Dilarang berkomentar yang berbau Sara atau Pornografi
[+] Dilarang berkomentar keluar dari topik artikel diatas
[+] Dilarang membuat link aktif