3 Alasan Kenapa Paket Internet Ada Kuota Bukanya Unlimited

Advertisement
Hai sobat, lama sudah AKN tidak membuat artikel karena disibukkan dengan aktivitas dunia nyata. Kesempatan kali ini akan AKN bahas tentang alasan kenapa paket internet ada kuota bukanya unlimited tanpa batas.

Semakin hari teknologi semakin berkembang, hal ini terjadi bukan hanya pada gadget dan smartphone saja, melainkan infrastruktur pendukung dari gadget dan smartphone itu sendiri juga ikut berkembang dengan ketentuan-ketentuannya masing-masing.

Pada zaman sebelum smartphone muncul yang hanya menggunakan handphone atau feature phone biasa, kita hanya membutuhkan pulsa untuk berkomunikasi dengan semua orang-orang dari jarak jauh, sedangkan pada era dengan teknologi terbaru untuk berkomunikasi yang selanjutnya disebut smartphone, kita bukan hanya membutuhkan pulsa, melainkan juga membutuhkan koneksi internet yang rata-rata dibatasi dengan kuota.

Banyaknya pilihan paket internet yang umumnya berbasis kuota, mungkin timbul pertanyaan mendasar bagi sobat tentang apa itu kuota dan kenapa kuota internet itu harus ada dan kenapa tidak diberi tanpa kuota tanpa batasan alias unlimited?

3 Alasan Kenapa Paket Internet Ada Kuota Bukanya Unlimited

Jika sobat memang pernah berpikir tentang pertanyaan kenapa harus ada kuota internet dalam pembelian paket? maka AKN akan menjelaskan alasannya menurut AKN.
Baca juga: Cara Beli Paket Internet Murah Weekend Loop
Kuota itu apa sih? Kenapa harus ada?

Jatah, batasan atau jumlah yang telah ditentukan itulah artian umum dari kata Kuota. Artian ini menurut penggunaan yang telah dirasakan oleh semua pengguna smartphone dalam pembelian paket internet.

Kuota dalam paket internet diartikan pada batas banyaknya penggunaan data yang digunakan untuk proses upload dan download. Jika jatah kuota habis maka koneksi internet pun akan terputus dan untuk bisa tersambung kembali maka harus membeli lagi kuota tambahan.

Nah, timbul pertanyaan, kenapa harus ada kuota? Kenapa tidak diberi akses internet unlimited saja, jadi bisa internetan tanpa batas tanpa harus khawatir kuota habis?

Ada 3 alasan kenapa semua paket internet ada kuota menurut AKN dan juga mungkin banyak alasan lain yang terlintas di pikiran kamu.

1. Mengontrol Pengeluaran

Penggunaan internet pada smarphone bisa menjadi kelalaian tersendiri bagi sebagian orang, dengan adanya kuota maka kamu tahu seberapa banyak data yang kamu gunakan untuk upload dan download selama sebulan masa aktif paket.

Misalkan pembelian kuota 2 GB untuk waktu 1 bulan habis dalam waktu seminggu. Kamu bisa bertanya pada diri sendiri, hal apa saja yang kamu lakukan di smartphone kamu dengan kuota 2 GB yang jatah waktu aktif selama 1 bulan bisa habis dalam seminggu. Apakah terlalu sering streaming, upload foto di sosial media atau hal lainnya yang membuat kamu lalai dengan akses internet yang ada di smartphone kamu?

Ketahui penyebabnya dan kurangi kebiasaan penggunaan kuota yang tidak wajar. Tujuannya biar pengeluaran kamu tidak membengkak hanya untuk membeli kuota internet saja.

2. Mengontrol Diri

Selalu pantau penggunaan kuota internet yang kamu habiskan setiap bulannya, jika patokan kuota yang kamu gunakan melebihi penggunaan normal, maka dapat dipastikan kamu termasuk orang yang kecanduan smartphone hingga dapat berpotensi melalaikan aktivitas lain yang lebih penting.

3. Operator Seluler Bukan Perum

Kamu senang dengan paket internet unlimited? Pasti sobat juga tahu bahwa paket unlimited tersebut juga ada batas kuotanya? Batas kuota yang dimaksud adalah Fair Usage Policy (FUP) yaitu batas penggunaan kuota normal. Jika batas kuotanya sudah habis maka kecepatan akses internet akan diturunkan dengan tetap dapat menggunakan internet secara gratis.

Lalu, kenapa paket internet unlimited juga ada kuotanya? Jawabannya karena operator seluler bukan Perum yang dibiayai oleh negara dalam artian paket internet unlimited yang disediakan oleh operator seluler itu tidak dibiayai oleh negara bersangkutan. Operator seluler memang melayani kepentingan publik, namun bukan berarti mereka mau menanggung rugi tanpa ada untung untuk kantong sendiri.
Baca juga: 5 Perusahaan Asuransi Kesehatan Terbaik Indonesia
Nah, itulah 3 alasan menurut AKN kenapa paket internet itu ada kuotanya, jadi kamu tidak perlu lagi bingung tentang kuota internet karena itu semua juga untuk kebaikan kamu dan kita semua dalam hal mengontrol keuangan dan mengontrol diri serta tidak berpikir bahwa operator seluler itu dibiayai oleh negara melainkan mereka juga wajib membayar pajak kepada negara.

Sebenarnya AKN sendiri juga kesal pada yang namanya kuota, tapi apa hendak di kata karena merekalah yang membuat peraturan. Jika tidak mau maka jangan gunakan internet dari operator seluler karena mereka juga tidak memaksa kita harus membeli kuota internet melainkan pilihan dari diri kita sendiri walaupun merasa kesal saat melihat pilihan paket internet yang serba mahal dan ada kuotanya pula lagi.

Nah, itulah artikel untuk kali ini, semoga dapat menambah wawasan sobat semua. Jangan lupa bagikan tulisan ini ke teman, sahabat dan kerabat atau media sosial, agar mereka juga tahu alasan tentang adanya kuota dalam paket internet yang disediakan oleh operator seluler. Salam luar biasa!

Dapatkan update terbaru via email atau invite Channel BBM PIN: C0047DC12

0 Response to "3 Alasan Kenapa Paket Internet Ada Kuota Bukanya Unlimited"

Poskan Komentar

Ketentuan Berkomentar:
[+] Dilarang berkomentar Spam
[+] Dilarang berkomentar yang berbau Sara atau Pornografi
[+] Dilarang berkomentar keluar dari topik artikel diatas
[+] Dilarang membuat link aktif