Tips Sebelum Menjual Smartphone Lama

Tips Sebelum Menjual Smartphone Lama Kamu

Diposting pada 6 views

Hai sobat, Kamu harus tahu tips sebelum menjual smartphone lama Kamu agar tidak repot saat beralih ke smartphone baru nantinya. Apakah Kamu berpikir ingin menyumbang, menyerahkan atau menjual perangkat Android lama Kamu?

Ya, tentu Kamu harus memastikan bahwa Kamu memiliki salinan semua data pribadi Kamu. Hal ini bahkan Kamu tidak meninggalkan data pribadi apa pun di ponsel lama Kamu sebelum berpindah tangan ke pemilik baru.

Untuk itu Kamu harus tahu tips sebelum menjual smartphone ini agar tidak kehilangan data pribadi Kamu. Ada beberapa tips yang dapat Kamu lakukan sebelum menjual smartphone lama Kamu. Hal ini juga untuk menjaga privasi Kamu yang ada di smartphone lama Kamu.

Tips Sebelum Menjual Smartphone Lama Kamu

Berikut 6 tips sebelum menjual smartphone lama Kamu untuk memastikan tidak ada data pribadi yang beralih ke orang lain atau ke calon pembeli.

1. Buat cadangan data dan pengaturan ke Akun Mi atau akun Google Kamu

Tips sebelum menjual smartphone lama yang pertama adalah dengan membuat cadangan data di salah satu akun yang tertaut di posnel Kamu. Kamu dapat mencadangkan kata sandi Wi-Fi dan pengaturan perangkat lainnya di akun Mi Kamu (khusus ponsel Xiaomi). Atau secara umum mencadangkannya di akun Google.

Untuk Akun Mi, Kamu dapat pergi ke Pengaturan> Pengaturan Tambahan> Cadangkan & Setel Ulang, tempat Kamu dapat menyimpan cadangan lokal dan kembalikan menggunakan fitur ini.

Untuk Akun Google, temukan opsi ini di bawah Setelan> Cadangkan & Setel ulang> Cadangkan perangkat dan periksa Cadangkan Google Drive.

2. Cadangkan foto dan video Kamu

Untuk mencadangkan foto dan video ke komputer Kamu, Kamu harus menghubungkan ponsel ke komputer Kamu. Jika Kamu belum pernah menghubungkannya sebelumnya, Kamu mungkin perlu menginstal perangkat lunak atau driver.

Foto dan video Kamu disimpan di memori ponsel dan dimemori kartu MicroSD ponsel, jika ada. Buka kedua lokasi, folder Telepon dan folder Kartu kemudian buka folder DCIM. Di dalamnya Kamu akan menemukan folder yang berisi semua foto dan video Kamu.

Kemudian salin dan sisipkan yang Kamu inginkan ke komputer Kamu dan kemudian hapus folder DCIM beserta isinya di folder Telepon dan folder Kartu.

3. Cadangkan Teks dan log panggilan Kamu

Tips sebelum menjual smartphone lama yang ketiga adalah mencadangkan pesan teks dan riwayat panggilan. Jika Kamu khawatir tentang menyimpan salinan pesan teks dan log panggilan, Kamu dapat mencadangkannya secara terpisah.

Salah satu cara termudah untuk menggunakannya adalah dengan Mi Cloud di mana semua log panggilan Kamu, foto, dan lainnya dapat dicadangkan dan kita dapat mengakses di mana saja menggunakan telepon Mi atau situs web Xiaomi (khusus ponsel Xiaomi).

4. Enkripsikan data Kamu

Setelah semua data dicadangkan, sekarang waktunya untuk menghapusnya dari perangkat Kamu. Untuk memastikan semua data Kamu hilang dari ponsel, Kamu harus melakukan lebih dari sekadar mengembalikan ke setelan pabrik.

Tetapi pertama-tama, Kamu ingin mengenkripsi data Kamu. Artinya, jika seseorang ingin melihat data apa pun di ponsel Kamu, mereka perlu kata sandi Kamu untuk mendekrip-nya. Untuk mengenkripsi data Kamu, buka Pengaturan> Keamanan> Enkripsi ponsel. Kamu juga memiliki opsi untuk mengenkripsi kartu SD. Hanya lakukan itu jika Kamu berencana menyerahkan kartu SD bersama dengan perangkat.

5. Nonaktifkan Perlindungan Penyetelan Ulang Pabrik

Untuk menonaktifkan Factory Reset Protection, Kamu harus menghapus akun Google Kamu (semuanya jika Kamu memiliki lebih dari satu) dari ponsel Kamu. Buka Pengaturan> Akun & Sinkronisasi> Google> lalu pilih akun Kamu. Ketuk tiga titik untuk membuka menu dan pilih Hapus akun.

6. Lakukan pengaturan ulang pabrik

Tips sebelum menjual smartphone lama yang terakhir adalah melakukan reset pengaturan prabrik. Lakukan pengembalian ke setelan pabrik di ponsel Kamu. Di Ponsel Xiaomi Kamu> Buka Pengaturan> Cadangkan & Setel ulang> Reset data pabrik, lalu ketuk Setel ulang ponsel.

Baca juga: 5 Tips Beli Smartphone Bekas Namun Berkualitas

Nah, bagaimana sobat, mudah bukan? Itulah tips sebelum menjual smartphone lama Kamu yang harus diketahui. Jika data pribadi Kamu ingin benar-benar aman dari calon pembeli, maka Kamu wajib melakukan tips seperti uraian di atas.

Semoga artikel ini bermanfaat dan menjadikan Kamu lebih Secure dalam mengamankan data pribadi. Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman Kamu yang ingin menjual ponsel lama mereka agar juga terhindar dari penyalahgunaan data pribadi. Salam luar biasa!


Posting terkait:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *