Tips Menjaga Smartphone Tetap Dingin

Tips Menjaga Smartphone Tetap Dingin di Musim Panas

Diposting pada 7 views

Hai sobat, artikel kali ini tentang tips menjaga smartphone tetap dingin di musim panas yang perlu untuk kamu tahu. Di musim panas suhunya akan panas, dan suhu yang lebih panas berarti ponsel bisa ikut panas.

Jika perangkat favorit Kamu menjadi terlalu panas, Kamu dapat mengalami beberapa masalah besar seperti menguras baterai, melelehkan CPU dan baterai, atau menyebabkan pematian paksa ponsel Kamu.

Tips Menjaga Smartphone Tetap Dingin di Musim Panas

Untuk itu, ada beberapa tips menjaga smartphone tetap dingin di musim panas agar terhindar dari kerusakan pada smartphone Kamu. Berikut tips-tips yang perlu kamu coba.

1. Menghindari sinar matahari langsung

Tips menjaga smartphone tetap dingin yang pertama adalah menghindari sinar matahari langsung. Menghindari sinar matahari secara langsung adalah cara termudah untuk mencegah panas yang berlebihan pada ponsel. Saat berada di luar, ponsel Kamu menangkap cahaya dan panas dari matahari dan mempertahankannya.

Ponsel Kamu akan semakin panas jika semakin lama Kamu berada di bawah sinar matahari. Disarankan untuk menghindari sinar matahari langsung agar ponsel Kamu tidak terlalu panas, karena paparan sinar matahari langsung yang lama dapat merusak baterai dan layar.

2. Memisahkan telepon dari Gadget lain

Mempertahankan ponsel, tablet, dan komputer Kamu yang ditumpuk dapat membantu Kamu melacak perangkat Kamu. Akan tetapi jika seseorang menjalankan perangkat elektronik ditumpuk di atas perangkat elektronik lain yang sedang berjalan, pemanasan akan lebih mungkin terjadi.

Itulah mengapa Kamu tidak perlu menumpuk elektronik Kamu di atas satu sama lain. Hal ini hanya akan menggabungkan panas dan merusak gadget secara cepat akibat suhu yang terlalu panas.

3. Menjaga ponsel di tempat yang sejuk dan terlindung

Selama musim panas semua orang mencari keteduhan agar tetap dingin, sama halnya dengan ponsel Kamu juga membutuhkan tempat yang dingin. Kamu tidak perlu menyimpan perangkat Kamu di saku ketat terutama jika Kamu cenderung berkeringat.

Maka jauh lebih baik untuk menyimpan perangkat Kamu di dalam saku yang lebih besar, atau tas yang membuatnya tetap dingin di saat musim panas.

4. Mengisi daya telepon dengan benar

Baterai yang mengalami kondisi panas tidak akan bertahan lama, dalam kasus yang sangat jarang, bahkan dapat menyebabkan ledakan. Tidak baik untuk mengisi daya perangkat Kamu terlalu lama di siang hari selama musim panas. Kamu dapat mengisi daya hingga 70/80 persen pada siang hari dan mengisi penuh perangkat di malam hari untuk menghindari panas yang berlebihan.

5. Mematikan layanan yang tidak perlu

Tips menjaga smartphone tetap dingin yang kelima adalah menonaktifkan layanan ponsel yang Kamu rasa tidak perlu. Bluetooth, LTE, Wi-Fi, dan GPS, jika Kamu tidak memerlukan ini saat Kamu keluar, Kamu dapat mematikannya.

Ini akan memastikan ponsel Kamu tidak bekerja lembur di dompet atau saku Kamu saat Kamu sedang berkeliaran di taman yang terkena sinar matahari. Jika Kamu tidak menggunakan ponsel, Kamu dapat mengaktifkan mode pesawat.

Menempatkan perangkat Kamu dalam mode pesawat akan memungkinkan Kamu untuk menghemat baterai dan memutar musik lebih lama. Kedua opsi ini mempermudah menghemat baterai dan mencegahnya terjadinya panas pada smartphone.

6. Melepas casing ponsel

Jika ponsel Kamu sudah terlalu panas, lepaskan casing Kamu. Mencopot casing akan memungkinkan ventilasi panas ponsel untuk melakukan pekerjaan mereka sepenuhnya tanpa terhalang. Ini akan membantu ponsel Kamu mendingin lebih cepat.

7. Menghapus instalasi aplikasi yang tidak perlu

Jika ponsel Kamu terus kepanasan, Kamu dapat mempertimbangkan aplikasi yang tidak perlu di ponsel yang tidak pernah Kamu gunakan untuk dihapus. Dengan mencopot pemasangan aplikasi yang jarang atau tidak pernah digunakan, Kamu dapat mengurangi beban kerja ponsel Kamu.

8. Menghindari perubahan suhu yang tiba-tiba

Jika Kamu benar-benar mengkhawatirkan suhu ponsel Kamu, Kamu mungkin tergoda untuk menempatkannya di kulkas atau freezer, hanya untuk satu atau dua menit. Mendinginkan gadget Kamu terlalu cepat sebenarnya dapat merusak komponen di dalamnya.

Jika ponsel Kamu terlalu panas, reaksi awal Kamu adalah terburu-buru ke tempat terdingin yang dapat Kamu temukan. Namun, mempercepat proses pendinginan dapat menyebabkan kondensasi terperangkap di bagian dalam perangkat dan tidak dapat dihindari.

Jika ponsel Kamu sudah panas, Kamu mungkin mengipasi ponsel Kamu, atau meniupnya. Kamu mungkin merasa konyol mengipasi ponsel Kamu, tetapi hal itu sangat baik untuk Kamu lakukan. Sama seperti mengipasi agar tubuh menjadi dingin.

Semilir angin dapat membantu mendinginkan perangkat Kamu saat terlalu panas. Lambaikan tangan Kamu atau selembar kertas untuk mempermudah, atau bahkan meniup bagian belakang ponsel Kamu untuk membuatnya dingin.

9. Mendapatkan layar anti-silau

Tips menjaga smartphone tetap dingin yang terakhir adalah menggunakan pelindung layar agar tidak silau. Layar anti-silau menyelamatkan Kamu untuk mengubah kecerahan ponsel Kamu sepanjang jalan. Dengan demikian membantu untuk menjaga ponsel Kamu dari overheating, dapat menghemat baterai ponsel juga.

Baca juga: Tips Mencegah Terjadinya Ledakan Pada Smartphone

Nah, itulah beberapa tips menjaga smartphone tetap dingin di saat musim panas. Bulan-bulan cuaca yang lebih hangat tidak menawarkan iklim yang bersahabat untuk telepon Kamu. Panas sebenarnya dapat berbahaya bagi kesehatan perangkat secara keseluruhan.

Semoga tips ini akan membantu Kamu menjaga perangkat Kamu tetap aman selama musim panas. Jika Kamu memiliki tips untuk mendinginkan telepon Kamu, jangan ragu untuk memberi tahu kami. Salam luar biasa!


Posting terkait:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *