Pengaturan Tersembunyi Google Chrome

Pengaturan Tersembunyi Google Chrome Android

Diposting pada 7 views

Hai sobat, artikel kali ini mengupas pengaturan tersembunyi Google Chrome Android yang perlu Kamu tahu. Ya, apllikasi Google Chrome untuk Android memiliki beberapa trik tersembunyi di atas lengannya yang hanya meningkatkan pengalaman penelusuran.

Kamu hanya perlu melakukan penggalian lebih sedikit untuk menemukannya. Dan dari mana memulainya? Chrome Flags!

Apakah Chrome Flags itu?

Google Chrome penuh dengan berbagai fitur eksperimental yang disembunyikan dari banyak orang, dan Chrome Flags adalah salah satunya.

Chrome Flags hanyalah pengaturan eksperimental tersembunyi di Android yang memungkinkan pengguna untuk mengatur peramban. Chrome Flags terdiri dari serangkaian fitur dan pengaturan yang tertanam sangat dalam di Aplikasi Chrome untuk pengguna sebagai pengembang.

Dengan begitu, mari kita mulai dan menemukan beberapa pengaturan tersembunyi Google Chrome Android yang menarik.

Pengaturan Tersembunyi Google Chrome Android

Sebelum Kamu mulai mengutak-atik di dalam aplikasi Google Chrome, Kamu harus terlebih dahulu mempelajari cara mengaktifkan Chrome Flags.

Jalankan aplikasi peramban Chrome di Ponsel Android Kamu> Masuk ke Bilah Alamat> Ketik “chrome://flags” (tanpa tanda kutip) dan tekan Enter. Daftar Chrome Flags dengan peringatan tertentu bahwa fitur tidak stabil akan ditampilkan di layar Chrome Kamu.

1. Pindahkan Bilah Alamat ke Kaki Layar

Pengaturan tersembunyi Google Chrome yang pertama adalah Kamu dapat memindahkan Bar Address ke kaki layar atau ke bawah. Apa Kamu Ingin mengubah posisi default Address Bar Kamu? Dengan pengaturan chrome yang rahasia, Kamu dapat melakukannya dengan beberapa klik mudah. Ikuti langkah-langkahnya dengan hati-hati:

  • Langkah 1 – Buka Chrome Flags di aplikasi browser Kamu pada Bilah Alamat ketik “chrome://flags” (tanpa tanda kutip). Daftar semua fitur percobaan akan muncul.
  • Langkah 2 – Tekan ikon “tiga titik” di kanan atas layar. Klik opsi ‘Cari di halaman’.
  • Langkah 3 – Sekarang di bilah penelusuran yang muncul, ketik ‘Chrome Home’.
  • Langkah 4 – Dalam daftar berikut, Kamu akan melihat opsi ‘Chrome Home’ yang disorot dalam warna merah. Ketuk dan pilih opsi ‘Diaktifkan’.
  • Langkah 5 Setelah diaktifkan, Kamu akan melihat tombol Luncurkan Ulang Sekarang di bagian bawah layar. Klik tombol untuk melakukan perubahan yang diinginkan.
  • Langkah 6 – Setelah Kamu meluncurkan kembali aplikasi browser chrome, Kamu akan mengamati bahwa Bilah Alamat sekarang ditampilkan di kaki layar atau di bagian bawah Chrome.

2. Meningkatkan Kecepatan Browsing

Mencari cara untuk meningkatkan kecepatan penelusuran? Di sinilah salah satu yang akan meningkatkan beban halaman Kamu sekitar 5%. Untuk melakukannya, lakukan langkah-langkah berikut:

  • Langkah 1 – Buka Chrome Flags di aplikasi Chrome browser Kamu, dengan mengetikkan “chrome://flags” di bilah Alamat.
  • Langkah 2 – Daftar semua fitur percobaan akan muncul, Kamu harus menemukan opsi “Protokol Eksperimental QUIC”.
  • Langkah 3 – Ketuk dan pilih “Diaktifkan”.
  • Langkah 4 – Tutup browser Kamu dan luncurkan lagi Kamu akan melihat loading halaman lebih cepat. Juga, jika Kamu menggunakan YouTube melalui QUIC diaktifkan, Kamu akan melihat hingga 30% lebih sedikit buffer.

3. Google Chrome Password Generator

Pengaturan tersembunyi Google Chrome yang ketiga adalah Password Generator. Menurut berbagai ahli, pengguna cenderung membuat kata sandi yang lemah untuk penanganan media sosial, email, perbankan, dan lainnya. Karena itu, sangat mudah bagi penjahat dunia maya untuk menebak kode akses dan menyebabkan pelanggaran data.

Namun, Google memahami masalah umum ini dan memberi platform yang akan membantu memerangi pembentukan kata sandi yang lemah.

Chrome Password Generator hanya memastikan bahwa kita menggunakan kata sandi yang kuat untuk menghindari pencurian identitas atau kebocoran data rahasia. Untuk mengaktifkan Generator Kata Sandi Chrome, ikuti langkah-langkahnya secara menyeluruh:

  • Langkah 1 – Luncurkan aplikasi Chrome Browser dan pastikan Kamu masuk dengan akun Google Kamu.
  • Langkah 2 – Pergi ke Address Bar dan ketik “chrome://flags” dan tekan Enter. Daftar semua fitur percobaan akan muncul.
  • Langkah 3 – Pergi dan temukan opsi “Pembuatan kata sandi” dalam daftar.
  • Langkah 4 – Opsi terpilih sebagai ‘Default’, ubah ke ‘Aktifkan’ dan luncurkan kembali browser Kamu.
  • Langkah 5 – Setelah Kamu meluncurkan kembali browser, Chrome Password Generator akan diaktifkan dan sekarang saat Kamu mendaftar lagi, ini akan menyarankan Kamu kata sandi yang lebih kuat untuk keamanan yang lebih baik.

4. Hasil Pencarian Instan

Jika Kamu ingin Browser Kamu meminta hasil bahkan sebelum Kamu menekan Enter, maka pengaturan chrome rahasia ini adalah jawaban untuk Kamu. Dengan opsi ini, Kamu akan mulai melihat jawaban atas pertanyaan Kamu saat Kamu mengetiknya. Untuk mengaktifkan pengaturan Android chrome ini, bacalah langkah-langkah berikut:

  • Langkah 1 – Buka ‘Chrome Flags’ di aplikasi browser Kamu.
  • Langkah 2 – Pergi ke ikon “tiga titik” di kanan atas layar. Klik opsi ‘Cari di halaman’.
  • Langkah 3 – Sekarang di bilah penelusuran yang muncul, ketik ‘jawaban’.
  • Langkah 4 – Bila Kamu melihat opsi Jawaban dalam daftar, klik untuk Mengaktifkannya.
  • Langkah 5 – Setelah Kamu mengaktifkan opsi, Kamu akan melihat tombol “Luncurkan Ulang Sekarang” di bagian bawah layar. Klik untuk mendapatkan perubahan yang diinginkan.

5. Akses File Manager di Chrome Android

Pengaturan tersembunyi Google Chrome Android yang terakhir adalah dapat mengakses file manager lewat Google Chrome. Kelola penyimpanan internal Kamu melalui aplikasi Chrome Browser. Bagaimana? Fitur ini akan membantu kamu pada suatu saat diperlukan! Caranya sangat mudah:

  • Langkah 1 – Luncurkan aplikasi Chrome Browser Kamu di perangkat Android.
  • Langkah 2 – Menuju ke Address Bar dan ketik “file:////sdcard/” dan tekan Enter.
  • Langkah 3 – Itu saja! Kamu akan terkejut melihat semua data penyimpanan ponsel Kamu di layar browser chrome.
  • Langkah 4 – Sekarang pilih file atau folder yang ingin Kamu akses.

Kesimpulan:

Meskipun Chrome Flags membuka banyak fitur dan pengaturan untuk browser desktop dan seluler, pengguna harus ingat fakta bahwa ini hanyalah fitur eksperimental, sehingga mengotak-atiknya dapat membahayakan keamanan perangkat Kamu.

Baca juga: 5 Tips Menjaga Keamanan Smartphone

Jika kapan pun Kamu mengamati aplikasi browser Chrome berperilaku tidak normal, langsung menuju ke setelan Aplikasi dan hapus data untuk aplikasi Chrome. Tindakan tersebut hanya akan diatur ulang ke keadaan sebelumnya atau mengembalikan ke pengaturan semula.

Nah, itulah 5 pengaturan tersembunyi Google Chrome pada Android dan juga dapat diterapkan pada Chrome Desktop. Semoga tips di atas dapat berguna dan bermanfaat buat kamu. Salam luar biasa!


Posting terkait:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *