Mengatasi Penyimpanan Internal Penuh

Mengatasi Penyimpanan Internal Penuh di Android

Diposting pada 19 views

Hai sobat, tips kali ini mengatasi penyimpanan internal penuh di android yang pasti pernah atau sering Kamu temukan di ponsel Kamu. Ya, ternyata salah satu masalah terbesar dengan smartphone adalah ruang penyimpanan rendah.

Pastinya, Kamu telah dengan susah payah menginstal koleksi aplikasi berbintang di play store, foto dan video, tetapi beberapa hal tidak dapat Kamu dilakukan. Maka apa yang harus diperiksa dan dihapus terlebih dahulu? AKN ada beberapa tips di sini untuk membantu Kamu mengatasinya.

Sebelum mengidentifikasi penggunaan penyimpanan perangkat Kamu, Kamu dapat menghapus beberapa item tanpa harus menghapus bersih ponsel Kamu. Dan jangan lupa bahwa dengan mengunggah aplikasi, foto, dan musik Kamu ke MiCloud, Google Drive / Dropbox atau ke komputer Kamu, maka Kamu tidak perlu kehilangan apa pun secara permanen.

Cara Mengatasi Penyimpanan Internal Penuh di Android

Untuk mengatasi penyimpanan internal penuh, Kamu perlu mencari tahu apa yang menguras ruang penyimpanan di ponsel Kamu. Masuk ke Pengaturan>Penyimpanan. Maka akan terlihat beban mana yang lebih banyak menggunakan ruang penyimpanan.

1. Foto dan Video

Mengatasi penyimpanan internal penuh yang pertama adalah memeriksa file foto dan video yang sangat besar. Video HD mengambil kira-kira 78MB untuk setiap menit cuplikan, jadi semua klip yang Kamu simpan mungkin memompa penyimpanan ponsel Kamu.

Selanjutnya, tanyakan pada diri Kamu apakah Kamu benar-benar membutuhkan 10 foto makanan serupa di ponsel Kamu. Bagaimana dengan lima narsis yang Kamu ambil sebelum Kamu menemukan satu yang layak dari Instagram? Foto dapat mengambil cukup banyak ruang juga.

Maka, cadangkan foto Kamu, lalu hapus sebanyak yang dapat Kamu tangani. Penyimpanan internal Kamu akan sedikit lebih lega. Kemudian, aktifkan pengunggahan otomatis dari Roll Camera ke Mi Cloud atau ke akun Google Drive Kamu untuk menghemat waktu pencadangan, dan Kamu dapat mengaksesnya dari mana saja.

2. Musik

Setiap musik MP3 mengambil lebih dari 3MB ruang penyimpanan, koleksi musik Kamu adalah penyebab paling mungkin berikutnya. Aplikasi streaming musik seperti Spotify memakan lebih sedikit ruang daripada perpustakaan musik besar. Simpan musik yang benar-benar Kamu sukai, dan tinggalkan sisanya di komputer Kamu. Kamu selalu dapat mengganti daftar putar Kamu nanti.

3. Aplikasi

Mengatasi penyimpanan internal penuh yang ketiga adalah pada aplikasi yang terinstal di ponsel Kamu. Sebagian besar aplikasi tidak memakan banyak ruang, tetapi jika Kamu seorang pengunduh seri atau memiliki setengah lusin aplikasi maka dapat memakan banyak ruang penyimpanan.

Mencopot pemasangan aplikasi yang tidak berguna dapat membebaskan ruang penyimpanan internal ponsel Kamu. Pada perangkat Kamu, buka Pengaturan> Aplikasi Terpasang> Daftar aplikasi> klik aplikasi yang ingin Kamu hapus instalasinya. Widget dan folder juga akan memakan ruang di perangkat Kamu. Hapus atau nonaktifkan folder atau widget apa pun yang tidak Kamu gunakan di “Kelola Aplikasi Saya”.

4. Bersihkan Cache Kamu

Semakin lama Kamu menggunakan ponsel Kamu, semakin banyak informasi asing yang akan disimpan di dalamnya. Maka, kosongkan cache untuk aplikasi tertentu di “Kelola Aplikasi Saya”. Kamu juga dapat menghapus data cache dengan masuk ke Pengaturan> Penyimpanan> Klik pada data cache dan Kamu bisa mendapatkan beberapa ruang kosong.

5. Perbaikan cepat

Mengatasi penyimpanan internal penuh yang terakhir adalah melakukan sedikit tweaks atau perbaikan cepat pada ponsel Kamu. Perbaikan cepat untuk mengosongkan ruang penyimpanan seperti game yang sering menjadi penyebab utama ruang penyimpanan ketika instal.

Jika Kamu memiliki game atau aplikasi yang tidak aktif untuk sementara waktu, maka hapus game atau aplikasi tersebut untuk sementara. Ingatlah bahwa menghapus permainan bisa menyakitkan, dan sering kali mengatur ulang progres game Kamu dari awal. Lihat saja sisi baiknya itu jika itu berarti dapat mengatasi penyimpanan internal penuh.

Untuk penggunaan jangka panjang, gunakan aplikasi yang benar-benar Kamu butuhkan dan Kamu gunakan setidaknya sekali per hari atau lebih dan simpan itu. Kemudian lanjutkan ke yang Kamu gunakan mingguan, atau bulanan dan hapus untuk sementara waktu.

Baca juga: Tips Merawat Smartphone Dengan Baik

Mengorganisir aplikasi dengan tujuan (bekerja, bermain, perencanaan, dll.) Di homescreen Kamu juga merupakan cara yang sangat bagus untuk menjaga diri Kamu tetap terkendali.

Masih Belum Mengatasi Penyimpanan Internal Penuh?

Jika hal diatas belum dapat mengatasi penyimpanan internal penuh, Kamu dapat ekspor beberapa data, termasuk kontak dan aplikasi, ke kartu SD eksternal untuk mengosongkan memori internal Kamu sehingga Kamu akan memiliki jumlah ruang kosong yang baik di perangkat Kamu.

Nah, itulah beberapa tips mengatasi penyimpanan internal penuh. Apa yang biasanya Kamu lakukan ketika penyimpanan ponsel Kamu penuh? Yuk, ceritakan pengalaman Kamu di kolom komentar. Semoga artikel ini berguna dan bermanfaat buat Kamu. Salam luar biasa!


Posting terkait:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *