Tips Menentukan Pengisi Daya dan Kabel Yang Tepat

Menentukan Pengisi Daya dan Kabel Yang Tepat

Diposting pada 12 views

Hai sobat, AKN akan menjelaskan tips menentukan pengisi daya dan kabel yang tepat untuk ponsel kamu. Kamu mungkin berpikir bahwa pengisian ponsel terdiri dari menemukan kabel dengan steker yang sesuai.

Namun tidak begitu. Tidak semua pengisi daya dibuat sama. Beberapa diantaranya membutuhkan waktu lebih lama untuk mengisi baterai smartphone kamu. Yang lainnya lebih buruk dan dapat merusak perangkat ponsel secara permanen.

Kabel pengisi daya palsu itu mungkin dapat merusak baterai yang seharusnya dihidupkan kembali! Untungnya, pengisi daya tidak sulit dipahami, dan beberapa langkah dasar dapat menghindarkan kamu dari masalah.

Risiko pengisi daya palsu pada ponsel memiliki pekerjaan dasar. Pengisi daya palsu mengalirkan arus ke perangkat kamu dengan kekuatan yang mungkin tidak stabil.

Untuk alasan ini, pengisi daya ponsel lebih tepat disebut adaptor. Tugas mereka bukan untuk mengisi daya perangkat kamu. Ini untuk mengonversi daya DC ke tingkat yang dapat ditangani ponsel atau tablet kamu.

Menentukan Pengisi Daya dan Kabel Yang Tepat

Menentukan adaptor daya dan kabel yang tepat sangat perlu diperhatikan. Adaptor daya mungkin tampak seperti kabel sederhana yang mentransfer arus ke ponsel kamu, tetapi prosesnya tidak begitu mudah.

Ada berbagai bagian di dalam colokan yang bulat itu. Pengatur, misalnya, memberi tahu pengisi daya saat baterai ponsel kamu penuh. Dengan cara ini, ia tidak terus berusaha menyediakan daya (meskipun masih akan menarik listrik dari soket, bahkan jika kamu memutuskan sambungan telepon). Mengisi daya baterai yang berlebihan akan memperpendek masa pemakaian baterai.

Penyebab kenapa charge baterai lambat biasanya karena kita tidak mengetahui bagus tidaknya sebuah charger tersebut. Dan hal tersebut membuat baterai android tidak cepat terisi. Maka dari itu kamu perlu menentukan pengisi daya dan kabel yang tepat agar baterai terisi secara stabil dan aman.

Apa yang harus kamu lakukan? Di sisi positif, kamu tidak akan menemukan pengisi baterai palsu di toko batu bata dan mortir. Yang mengatakan, kamu tidak dapat menemukan kekurangan kabel microUSB murah yang ditebar di rak-rak toko. Maka dari itu kamu perlu tahu tips menentukan pengisi daya dan kabel yang tepat untuk ponsel kamu.

Berikut ini beberapa kiat untuk memberi baterai smartphone kamu dengan kehidupan yang panjang dan pastinya bahagia.

1. Bawa Charger Asli Saat Bepergian

Kamu mungkin memiliki beberapa lusin pengisi daya microUSB yang tergeletak di sekitar kamu. Tetapi apakah semua itu layak digunakan dengan ponsel atau tablet yang kamu miliki? Bawalah bersama di dalam tas sehingga kamu dapat menggunakan adaptor daya yang sama ketika jauh dari rumah.

Ini adalah hal termudah yang dapat kamu lakukan tanpa harus belajar tentang cara kerja pengisi daya, selama kamu menjaga kabel dalam kondisi yang baik.

Tetapi ada kalanya kamu perlu mengisi daya perangkat di mobil. Lalu bagaimana? Banyak pabrikan tidak menawarkan charger mobil resmi. Kamu harus menjelajah dan membeli satu dari orang lain. Langkah selanjutnya akan memberi kamu beberapa hal untuk diawasi.

2. Periksa Level Input dan Output

Adaptor daya yang disertakan dengan persediaan ponsel yang telah ditentukan oleh pabrikan adalah jumlah daya yang ideal. Jika kamu mencari pengisi daya kedua, pertama-tama pastikan bahwa tingkat input dan output sesuai dengan yang disertakan dengan perangkat yang kamu miliki.

Lihatlah adaptor kamu. Tingkat input 100-240 V menunjukkan jumlah tegangan yang dapat diterima. Memasukannya ke stop kontak atau sumber di atas rentang ini dapat menghancurkan pengisi daya dan juga merusak ponsel kamu.

3. Carilah Sertifikasi

Beberapa sertifikasi, seperti CE, menunjukkan komitmen pabrikan untuk memenuhi standar peraturan wilayah tertentu (dalam hal ini, Wilayah Ekonomi Eropa). Sertifikasi RoHS menunjukkan bahwa suatu produk tidak memiliki bahan berbahaya tertentu. Ini menawarkan jaminan bahwa produk tidak hanya akan cenderung merusak perangkat kamu, tetapi juga dapat merusak diri sendiri dan seluruh lingkungan sekitar.

4. Lakukan Perbandingan Berdampingan

Lakukan perbandingan dengan pengisi daya yang disertakan dengan perangkat kamu. Beberapa pengisi daya palsu bisa sangat meyakinkan, menunjukkan nama merek yang sama dan sertifikasi yang sama tetapi tidak semua yang asli tawarkan.

Baca juga: Tips Mencegah Terjadinya Ledakan Pada Smartphone

Perbedaan visual bahkan bisa sampai pada beberapa kata. Bandingkan berat dari dua pengisi daya. Ketuk mereka untuk melihat bagaimana mereka terdengar. Langkah-langkah ini tidak perlu jika kamu membandingkan pengisi daya resmi dengan opsi pihak ketiga, tetapi penting jika kamu berpikir mungkin telah membeli pengisi daya palsu.

Nah, itulah sekilas tips tentang menentukan pengisi daya dan kabel yang tepat untuk perangkat kamu, baik smartphone, tablet, maupun perangkat seperti mp3 player dan perangkat mobile lainnya. Salam luar biasa!


Posting terkait:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *