Cara Memilih Supplier Bisnis Yang Terpercaya

Cara Memilih Supplier Bisnis Yang Terpercaya

Diposting pada 32 views

Hai sobat, sebagai pebisnis online, hal yang paling penting dan harus dipertimbangkan adalah bagaimana cara memilih supplier bisnis yang terpercaya untuk bisnis online shopping kamu.

Hal ini di karenakan kamu lah yang langsung berhubungan dengan pembeli, bukan supplier. Jika salah memilih supplier, maka kamu akan mendapatkan bencana secara tidak langsung.

Banyak diluar sana supplier yang menipu, sudah menerima uang tapi tidak mengirimkan barangnya. Selain itu, banyak juga supplier yang melakukan kesalahan saat pengiriman barang. Misalnya, barang cacat, tidak sesuai pesanan atau pengiriman yang telat.

Jika hal ini sampai terjadi, konsumen bisa jadi meminta refund alias uangnya dikembalikan. Bahayanya, jarang supplier yang mau mengembalikan uang tersebut kembali kepada konsumen. Kalau sudah begini, kredibilitas kamu sebagai penjual pasti akan hancur di mata konsumen.

Cara Memilih Supplier Bisnis Yang Terpercaya

Untuk menjalankan bisnis online seperti online shopping, kita harus jeli dalam mencari partner bisnis atau mencari Supplier yang akan kita jual barangnya. Adapun tips dan trik cara memilih supplier bisnis terpercaya untuk olshop adalah sebagai berikut.

1. Cari dan saring

Banyak sekali supplier online yang menawarkan produk-produk mereka dengan kualitas dan harga yang kelihatannya menarik. Namun, jangan gampang terkecoh dengan harga yang murah. Pastikan bahwa supplier tersebut benar-benar memiliki reputasi yang bagus dan terpercaya.

Coba cari informasi sebanyak-banyaknya yang berkaitan dengan supplier tersebut. Penilaian pelanggan dapat kamu jadikan sebagai acuan untuk menyimpulkan kualitas dan tingkat kepercayaan supplier tersebut.

2. Kredibilitas Supplier jelas

Kredibilitas supplier dapat terlihat dari banyak hal. Salah satunya dari seberapa professional mereka melayani konsumennya. Seberapa responsifkah supplier tersebut menghadapi setiap pertanyaan, pemesanan dan juga keluhan konsumen.

3. Pastikan Supplier mudah dihubungi

Pastikan bahwa kontak supplier yang tertera mudah dihubungi. Cobalah semua kontak yang tercantum dan pilih mana yang sekiranya mendapatkan respon tercepat. Hindari untuk memilih supplier yang sulit dihubungi dan/atau tidak bisa di telepon secara langsung.

4. Pastikan produk yang ditawarkan legal dan asli

Pastikan bahwa produk yang ditawarkan kepada kamu merupakan produk legal dan juga asli. Periksalah dengan cara mencari informasi mengenai spesifikasi maupun harga pada website asli brand produk tersebut.

Pada website asli brand tersebut pasti akan terlihat Packing aslinya seperti apa, detail produknya bagaimana, jenis produknya apa saja, serta kualitasnya bagaimana?

Termasuk harga yang mereka tampilkan di website resmi mereka perlu kamu perhatikan. Kemudian, hitung perkiraan harga total sampai produk benar-benar ditangan kamu.

5. Pilih Supplier yang menerima pengembalian barang

Periksa mengenai pengiriman barang, pembayaran maupun pengembalian barang. Ini karena akan berpengaruh pada kelancaran usaha yang kamu tekuni.

Pastikan juga jika barang yang tidak sesuai dengan pesanan atau berbeda dengan deskripsi maka dapat dikembalikan. Jika tidak ada kebijakan ini, sebaiknya carilah supplier yang menerapkan sistem pengembalian barang.

Nah, itulah beberapa tips dan trik tentang cara memilih supplier bisnis yang terpercaya sebelum memulai bisnis olshop kamu.

Baca juga: Cara Memampukan Diri Supaya Dibayar Lebih Tinggi

Kesimpulannya, pilihlah supplier yang sesuai dengan kriteria yang telah dijabarkan di atas agar meminimalisir dari hal-hal yang tidak kamu inginkan dalam menjalankan bisnis online shopping.

Semoga tips cara memilih supplier bisnis ini dapat membantu kamu dalam menentukan supplier yang dapat kamu percaya. Jangan lupa bagaikan artikel menarik ini ke media sosial agar teman lain juga bisa mengetahui tips ini. Salam luar biasa!


Posting terkait:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *