Begini Cara Mengetahui Keikhlasan Seorang Sahabat

Begini Cara Mengetahui Keikhlasan Seorang Sahabat

Diposting pada 61 views

Begini Cara Mengetahui Keikhlasan Seorang Sahabat – Hai sobat AKN, sebelum kita mengetahui keikhlasan seseorang kita harus mengetahui konsep ikhlasnya dulu yaitu ikhlas menerima yang tidak bisa kita ubah sebagaimana adanya bahkan mensyukuri.

Lalu mengambil tanggungjawab dan memperbaiki yang bisa kita perbaiki dengan do’a dan upaya. Ini adalah ikhlas yang tidak bisa kita ubah serta kita terima dengan syukur dan jika bisa kita ubah maka kita ubah. Orang ikhlas tidak pernah menyalahkan siapa pun untuk yang bisa dilakukannya. Kalau itu bisa dilakukan maka lakukanlah tanpa harus menyalahkan siapa pun dan begitu juga sebaliknya jika tidak bisa dilakukan.

Dalam bersahabat konsepnya juga sama yaitu kekurangan seorang sahabat itu harus diterima dengan syukur bahwa kita tidak memiliki kekurangan itu. Akan tetapi keikhlasan dia juga harus sebanding dengan keikhlasan kita. Intinya harus sejajar bahwa kita juga harus ikhlas menerima kekurangannya lalu bertanggungjawab membantunya untuk tidak dirugikan oleh kelemahannya sendiri.

Nah, berarti kalau dia ikhlas bersahabat dengan kita maka dia akan melihat kekurangan kita bukan sebagai sarana menghina atau merendahkan akan tetapi sebagai tanggung jawabnya juga untuk mencegah kita melukai diri kita dengan kelemahan kita.

Sahabat yang baik selalu melindungi

Ada istilah begini, sahabat yang baik itu melindungi kita dari diri kita sendiri. Contoh misalnya ada orang yang suka berjudi, temannya itu melindungi dirinya karena dia suka berjudi maka temannya mencegah. Ada orang yang suka bicara tidak baik tentang orang lain tapi dia sahabat baik kita, jadi dibantu dan dicegah supaya dia tidak melukai dirinya dengan kelemahannya.

Nah, jadi bagaimana cara mengetahui seorang yang ikhlas bersahabat dengan kita adalah dia tidak menggunakan kekurangan kita untuk merendahkan kita. Jauhi orang yang menertawai dan merendahkan kekurangan kita dan sahabati orang yang lebih meyakini kekuatan kita sebagai saran membangun masa depan dari pada menakut-nakuti kita dari kelemahan.

Banyak masalah dari kelemahan kita yang menghalangi keberhasilan masa depannya, tapi dia berfokus apa? Selemah-lemahnya kamu disini kan kamu ada kekuatan kamu disini yang bisa menjadikan kamu ini. Nah itu ikhlas.

Sahabat yang baik selalu memaafkan

Berikutnya sahabat yang ikhlas itu memaafkan seperti bahkan kadang-kadang mendekati kebaikan dan kemampuan memaafkan dari seorang ibu. Kemampuan memaafkan dari seorang ibu luar biasa karena seburuk apa pun salah yang kita lakukan pasti akan memaafkan kita dengan ikhlas.

Maka sahabat juga harus bisa seperti itu untuk memaafkan karena seorang sahabat yang baik pasti tahu bahwa kita juga memerlukan maaf seperti orang lain yang memerlukan maaf. Nah, karena kehidupan ini tektok kalau kita memaafkan maka kita akan lebih berbakat untuk dimaafkan.

Sahabat yang baik selalu tegas di depan kita

Sahabat yang baik dan ikhlas yang bicara di depan kita bisa tegas, tapi tanpa kita ketahui di belakang kita mungkin ada orang lain yang menjelekkan kita. Sahabat yang bicara dengan tegas di depan kita itu adalah sahabat yang sangat berkualitas karena dia tidak pernah akan berbicara kejelakkan kita saat di belakang kita.

Nah, sahabat seperti ini berfokus pada kelemahan yang bisa diperbaiki dan upaya memperbaikinya. Dia berfokus pada kekuatan yang segera digunakan. Nah, kalau kita punya sahabat seperti itu maka itulah sahabat yang ikhlas, selain itu bukanlah sahabat melainkan hanya kenalan saja.

Tapi kita kan tidak boleh memutuskan silaturrahim? Kenalan teman tidak akan memutuskan silaturrahim karena masih “hai, apa kabar!” melainkan tidak berbagi beban hati karena jika kita bersahabat kita akan berbagi beban hati, berbagi keindahan rencana masa depan, melibatkan dia dalam rencana masa depan kita. Nah ini yang disebut sahabat, kalau kenalan ya seperti tadi hanya menyapa “hai”.

Baca juga:

Kenapa kok tidak boleh putus? Karena kadang-kadang kita melewatkan nasehat melalui orang-orang yang tidak kita sukai, kalau kita itu melewatkan nasehat hanya dari orang-orang yang kita sukai berarti kita membatasi pergaulan.

Kesimpulan

Sobat AKN, kita itu butuh sahabat bahkan utusan Allah yang sangat mulia saja juga membutuhkan sahabat apa lagi kita yang masih sering melakukan kesalahan dan kekeliruan masa sombong tidak butuh sahabat. Maka bersahabatlah dengan sebanyak-banyaknya sahabat lalu ketahuilah sahabat mana yang ikhlas dengan kamu dengan cara tadi.

Nah, itulah sedikit penjelasan tentang cara mengetahui keikhlasan seorang sahabat. Semoga kita selalu mendapat sahabat yang baik dalam kehidupan kita dan semoga artikel ini dapat memberi manfaat dan menambah wawasan kita tentang ikhlasnya seorang sahabat. Salam luar biasa!


Posting terkait:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *