Tips Menjaga Keamanan Smartphone

5 Tips Menjaga Keamanan Smartphone

Diposting pada 9 views

Hai sobat, artikel kali ini tentang tips menjaga keamanan smartphone dengan sangat mudah. Hal ini sangat penting bahwa smartphone Kamu aman karena berbagai alasan. Kamu dapat menyimpan data di dalamnya dan jika ponsel Kamu hilang atau dicuri, data ini akan ikut hilang.

Atau mungkin informasi pribadi Kamu mungkin diretas dari halaman internet yang Kamu kunjungi atau dari smartphone itu sendiri. Dalam artikel tips menjaga keamanan smartphone ini, ada beberapa kiat untuk membantu menjaga perangkat Kamu seaman mungkin.

Berikut 5 Tips Menjaga Keamanan Smartphone

1. Gunakan kunci layar

Tips menjaga keamanan smartphone yang pertama adalah menggunakan dan mengaktikan kunci layar. Banyak telepon baru menawarkan “kunci pola” atau pola yang dipersonalisasi yang digambar di layar untuk memberikan akses.

Sebagai alternatif, kode PIN menawarkan alternatif dan juga dapat menghemat waktu. Buat kata sandi Kamu sulit untuk ditebak tetapi mudah untuk Kamu ingat. Saran terbaik untuk membuat kata sandi yang aman adalah dengan mengambil huruf awal dari sebuah baris dalam lagu. Bisa juga huruf awal dari permainan atau buku, kamu dapat membuat kata sandi dari huruf-huruf itu.

2. Gunakan aplikasi keamanan

Kemampuan smartphone mendekati mereka dari PC, tetapi kebanyakan orang tidak memiliki bentuk perlindungan, meskipun mereka dapat menghadapi ancaman serupa. Spam yang berisi lampiran perangkat lunak jahat atau tautan ke situs penyerang atau aplikasi yang terinfeksi yang mengeksploitasi kelemahan dalam sistem operasi, semuanya mulai muncul.

Kamu dapat menggunakan aplikasi keamanan pihak ketiga yang terpercaya yang ada di Play Store seperti Play Protect yang wajib ada di ponsel cerdas Kamu. Atau keamanan bawaan ponsel cerdas kamu untuk mendeteksi virus, menghapus data yang tidak perlu, dan lainnya dengan mudah. Akan tetapi jangan lupa selalu mempernaharui basis anti virus yang ada pada keamanan bawaan ponsel.

3. Gunakan kunci kartu SIM

Kunci layar sangat membantu tetapi tidak akan menghentikan seseorang yang mengeluarkan kartu SIM dari ponsel Kamu dan menggunakannya di ponsel lain. Untuk mencegah hal ini terjadi, atur kunci kartu SIM dalam bentuk nomor PIN yang harus dimasukkan ketika telepon dihidupkan untuk terhubung ke jaringan.

4. Penjelajahan internet

Hati-hati saat mengakses browser web di ponsel cerdas Kamu karena dapat dengan mudah menerima pesan yang muncul. Misalnya setuju untuk menyimpan detail pengguna dan kata sandi mungkin membuatnya mudah diingat untuk nanti.

Akan tetapi sayangnya yang lain dapat melakukan hal yang sama jika mereka mendapatkan akses ke ponsel Kamu. Jika ada peringatan keamanan muncul ketika melihat situs web, catat itu dan tinggalkan situs web jika diperlukan.

Selain itu, pastikan setiap situs perbankan atau situs belanja tempat Kamu menyimpan informasi tetap aman yang memiliki gembok di bilah alamat untuk memastikan bahwa situs tersebut dienkripsi.

5. Lindungi penggunaan bluetooth

Tips menjaga keamanan smartphone yang terakhir adalah penggunaan bluetooth. Bluetooth umumnya tidak dilihat sebagai risiko karena memiliki rentang tembakan relatif (kira-kira 10 meter).

Namun, peretas telah diketahui dapat mengakses ponsel dari jarak jauh jika berada dalam jangkauan. Pastikan bluetooth dimatikan saat tidak digunakan. Setel konfigurasi bluetooth ke ‘tidak dapat ditemukan’, sehingga orang yang mencari perangkat di sekitar tidak dapat melihat perangkat Kamu.

Baca juga: 15 Cara Menghemat Baterai HP Android Terbukti Ampuh

Permintaan tidak dikenal yang muncul melalui koneksi bluetooth, seperti tawaran untuk ‘memasangkan dengan perangkat’ harus diabaikan atau ditolak. Seorang peretas dalam jangkauan dapat menggunakan perangkat Kamu melalui bluetooth jika tidak diamankan.

Nah, itulah 5 tips menjaga keamanan smartphone dengan sangat mudah dan simple. Pastikan tips di atas segera kamu terapkan untuk menjaga ponsel dan data kamu tetap aman. Semoga artikel ini dapat memberi manfaat. Salam luar biasa!


Posting terkait:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *