Cara Menghemat Baterai HP

15 Cara Menghemat Baterai HP Android Terbukti Ampuh

Diposting pada 9 views

Hai sobat, artikel ini menjelaskan 15 cara menghemat baterai HP Android terbukti sangat ampuh pada ponsel kamu. Dan apakah kamu berjuang untuk menghemat baterai di perangkat Android kamu saat ini?

Kita semua pasti sering benci pengisian ulang baterai smartphone yang selalu mencari colokan listik agar dapat mengisi baterai. Jika ada cara menghemat baterai HP Android, mengapa kita harus mencolokkan smartphone Android kita ke soket listrik setiap hari?

Sejumlah faktor telah berkonspirasi untuk mengurangi daya tahan gadget selama beberapa tahun terakhir. Desain yang lebih tipis dengan lebih sedikit ruang untuk baterai, layar yang lebih besar dan lebih terang, prosesor quad-core yang lebih cepat. Lebih banyak perangkat lunak yang berjalan di latar belakang, dan radio GPS yang haus daya semuanya berbagi tanggungjawab pada daya baterai termasuk perpindahan dari jaringan 3G ke 4G atau LTE juga telah mengambil korban baterai.

Untuk itu berikut adalah tips emas untuk memperpanjang masa pakai baterai ponsel Android kamu yang dapat kamu terapkan pada HP Android kamu, dijamin sangat mudah.

Cara Menghemat Baterai HP Android Terbukti Ampuh

1. Wallpaper hitam

Cara menghemat baterai HP Android yang pertama adalah menggganti Wallpaper ponsel kamu menjadi Wallpaper Hitam. Wallpaper hitam dapat menghemat daya baterai. Ya, walaupun terdengar aneh tapi nyata dapat menghemat baterai ponsel pintar Android kamu.

Mengapa wallpaper hitam? Karena kebanyakan smartphone di layar pasar AMOLED yang hanya menerangi piksel berwarna. Dan piksel hitam tidak menyala, sehingga semakin banyak piksel hitam yang kamu miliki, atau piksel yang lebih gelap, semakin sedikit daya yang diperlukan untuk menyalakannya.

2. Cari tahu siapa yang menguras baterai

Metode ini penting, cukup temukan aplikasi yang bertanggungjawab yang menguras baterai ponsel kamu.
Opsi ini akan menguraikan apa yang memakan baterai ponsel. Aplikasi dan fitur akan ditampilkan dalam daftar menurun dari penggunaan baterai terbanyak dapat kamu lihat pada manajemen baterai di ponsel cerdas kamu.

Jika kamu menemukan aplikasi yang jarang digunakan atau fitur yang tidak pernah kamu gunakan, kamu sebaiknya mencopot pemasangan aplikasi atau mematikan fitur aplikasi itu.

3. Widget layar utama dan wallpaper hidup atau screensaver

Banyak orang menggunakan widget layar beranda di ponsel cerdas mereka, mereka pikir itu akan mempermudah pekerjaan mereka. Tapi itu membuat efek buruk pada daya tahan baterai. Karena fungsi widget mengambil lebih banyak RAM dan juga proses latar belakang akan mempercepat pengosongan baterai kamu.

Jika kamu benar-benar ingin menghemat masa pakai baterai, hindari menambahkan widget ke layar utama. Ya, termasuk wallpaper hidup atau sering disebut screensaver yang memberi kehidupan ke layar beranda ponsel cerdas kamu.

Wallpaper hidup atau screensaver akan menggunakan banyak daya tahan baterai karena wallpaper hidup membuat layar selalu aktif dan ini menghabiskan baterai. Jadi gunakan gambar diam biasa sebagai wallpaper atau seperti yang sudah kami katakan menggunakan wallpaper warna hitam untuk menghemat baterai.

4. Matikan kecerahan otomatis

Kecerahan otomatis memang bunyinya fitur yang berguna, tetapi jangan lakukan. Sebenarnya, kecerahan layar otomatis biasanya jauh lebih terang daripada yang kamu butuhkan. Lebih baik mengatur kecerahan layar secara manual ke tingkat yang rendah tetapi nyaman di mata kamu, dan membuatnya lebih cerah ketika diperlukan.

Ini adalah salah satu cara terbaik untuk menghemat baterai karena layar adalah salah satu penghisap baterai terbesar yang sangat terbukti menguras daya baterai. Jadi redupkan layar ponsel kamu secara manual.

5. Kontrol frekuensi penyegaran aplikasi

Cara menghemat baterai HP Android yang kelima adalah mengontrol frekuensi penyegaran aplikasi. Metode ini mengendalikan frekuensi penyegaran beberapa aplikasi. Aplikasi yang memeriksa email baru dan data lain di latar belakang sering diperbarui untuk mengambil informasi baru.

Pengambilan data yang sering terjadi ini akan menguras baterai Anda dengan cepat. Jadi kamu perlu mematikan fitur ini untuk beberapa apklikasi yang tidak penting atau mematikan secara keseluruhan.

Untuk menonaktifkan ini, cukup buka “Pengaturan> Akun” dan hapus centang data Sinkronisasi otomatis untuk mencegah perangkat Android kamu menyinkronkan secara otomatis dengan akun Google kamu (dan akun lainnya) di latar belakang.

6. Pengaturan batas waktu layar mati lebih singkat

Menetapkan batas waktu layar untuk redup hingga mati menjadi hal yang praktis untuk menghemat baterai Android. Bayangkan, jika waktu tunggu layar kamu disetel satu menit, itu akan menggunakan daya empat kali lebih besar daripada jika disetel menjadi 15 detik.

Studi melaporkan bahwa rata-rata pengguna ponsel cerdas mengubah ponsel mereka 150 kali sehari, jadi perbedaan antara batas waktu layar panjang dan pendeknya segera bertambah. Menguranginya akan membantu baterai ponsel kamu bekerja lebih lama.

7. Matikan getaran

Mematikan getaran saat menggunakan papan ketik, panggilan masuk, serta notifikasi masuk juga dapat menghemat baterai. Hal ini benar-benar membutuhkan lebih banyak kekuatan untuk menggetarkan ponsel.

8. Gunakan pemberitahuan layar kunci atau widget layar

Pemberitahuan layar atau widget layar kunci juga dapat membantu menghemat masa pakai baterai. Ini karena kamu dapat melihat notifikasi secara sekilas tanpa harus menyalakan layar Anda. Ini sangat berguna jika kamu mendapatkan banyak notifikasi yang tidak layak ditindaklanjuti dengan segera.

9. Kamu tidak perlu terhubung 24/7

Kamu pada dasarnya tidak perlu terhubung ke internet 24/7, itu akan meningkatkan penggunaan data kamu dan juga menguras baterai. Jadi gunakan internet saat kamu membutuhkan, seperti mematikannya saat kamu tidur dan jam kantor.

10. Hanya gunakan baterai asli

Cara menghemat baterai HP Android yang kesepuluh adalah menggunakan baterai original yang ada bersama ponsel kamu. Menggunakan baterai lain dapat merusak smartphone kesayangan kamu dan itu adalah pilihan yang buruk, dan juga dapat menghadirkan kinerja baterai di bawah standar.

11. Menggunakan aplikasi Android versi lite

Mengunduh versi lite dari aplikasi Android pasti akan membantu kamu untuk mengurangi konsumsi baterai. Karena aplikasi Android ringan adalah aplikasi versi slim dari aplikasi utama, meskipun kamu mungkin harus mengorbankan beberapa fitur untuk kebaikan yang lebih besar dalam menghemat daya baterai perangkat Android kamu.

12. Matikan animations

Mengubah pengaturan animasi adalah pilihan terbaik lainnya untuk mengoptimalkan konsumsi baterai pada perangkat Android. Tetapi untuk mengubah pengaturan animasi, kamu harus mengakses “Opsi Pengembang” yaitu opsi yang tersembunyi di dalam pengaturan Android kamu.

Untuk masuk ke mode Pengembang, buka “Pengaturan >> Tentang Ponsel” dan ketuk “nomor bentukan” beberapa kali dan kemudian kembali ke halaman pengaturan utama untuk menemukan “Opsi Pengembang” yang diaktifkan.

Sekarang, masuklah ke Opsi Pengembang yang diaktifkan, dan gulir ke bawah untuk menemukan tiga opsi, yaitu “Skala animasi jendela”, “Skala animasi transisi”, dan “Skala durasi animator” dan matikan pengaturan itu.

13. Matikan layanan yang tidak diinginkan

Kadang-kadang kita lupa untuk menonaktifkan beberapa layanan seperti WiFi, GPS, NFC, Bluetooth setelah mereka digunakan tanpa kita sadari, dampak negatif mereka pada kehidupan baterai perangkat Android kamu.

Sebagian besar layanan ini terus-menerus melakukan pemungutan suara untuk router, untuk menemukan perangkat Bluetooth atau koneksi WiFi atau satelit GPS terdekat meskipun mereka tidak tersedia pada waktu itu.

Jadi geser ke bawah bar notifikasi kamu dan nonaktifkan semua layanan ini setelah mereka gunakan untuk menghemat daya baterai perangkat kamu.

14. Gunakan Greenify

Tidak seperti aplikasi pihak ketiga lainnya yang mengklaim dapat menghemat konsumsi baterai di Android karena aplikasi Greenify adalah yang tepercaya. Greenify menghemat daya baterai kamu dengan mendorong aplikasi ke mode hibernation dan menghentikannya dari latar belakang aplikasi yang berjalan sampai kamu membuka kembali mereka.

Beberapa fitur canggih Greenify hanya berfungsi pada perangkat yang di rooting meskipun masih berfungsi dengan baik di perangkat yang tidak di rooting.

15. Jaga perangkat kamu pada suhu sedang

Cara menghemat baterai HP Android adalah memastikan suhu di perangkat Android kamu tidak berlebihan. Ya, suhu dapat memanipulasi usia baterai perangkat kamu. Jadi selalu ingat agar tetap perangkat kamu pada suhu sedang yaitu tidak terlalu panas atau terlalu dingin.

Baca juga: Cara Menambah Daya Tahan Pemakaian Baterai Smartphone

Nah, itulah 15 cara menghemat baterai HP Android yang paling ampuh untuk kamu coba. Jika kamu tahu beberapa metode lain untuk menghemat baterai, silahkan komentar di bawah ini.

Semoga artikel ini dapat membantu dalam menghemat penggunaan baterai pada smartphone Android kamu. Dan jangan lupa bagikan artikel ini ke teman kamu agar mereka dapat mengetahui juga tentang cara menghemat baterai HP Android mereka. Salam luar biasa!


Posting terkait:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *