Inilah Rahasia Berpikir Menjadi Orang Kaya Bagian 1

Inilah Rahasia Berpikir Menjadi Orang Kaya Bagian 1

Diposting pada

Inilah Rahasia Berpikir Menjadi Orang Kaya Bagian 1 – Hai sobat AKN, artikel kali ini akan dibahas dari buku Cashflow Quardrant dan buku ini akan mempermudah kehidupan kamu. Jadi baca artikel ini sampai habis ya, hingga ke artikel bagian kedua nantinya.

Pada awalnya seperti yang sudah disebutkan di atas adalah buku Cashflow Quardrant atau kuadran arus kas.

Inilah Rahasia Berpikir Menjadi Orang Kaya Bagian 1

Baca juga:

Disini dapat kita bayangkan seperti dua garis untuk empat huruf yaitu, Employee (E) atau karyawan, Small Business / Self-Employed (S) atau perusahaan kecil dan orang yang ingin menjadi bos sendiri, Big Business (B) atau perusahaan besar, dan Investor (I).

Setiap empat jenis orang ini memiliki jenis pemikiran pokok yang berbeda-beda dan pastinya bagaimana caranya setiap individu mendapatkan uang mereka.

Poor Dad selalu menyarankan untuk menjadi Employee (E) atau karyawan atau menjadi Small Business / Self-Employed (S), menjadi orang yang bekerja sendiri seperti pengacara atau jadi dokter. Sebaliknya Rich Dad selalu menyarankan untuk membuat dan membangun bisnis dan usaha sendiri atau menjadi Big Business (B) dan menjadi Investor (I) yang sukses.

Jadi, apa bedanya? Kamu harus ketahui di kuadran mana kamu harus berada karena semua tergantung oleh apa yang kamu mau capai dalam kehidupan kamu dan kamu bisa mendapatkan uang dari satu kuadran atau juga lebih dari satu.

Berikut penjelasannya lebih lanjut, yaitu sebagai berikut.

1. Employee (E)

Ada hal yang paling normal dan pemikiran paling biasa di seluruh masyarakat dunia. Maksudnya seperti ini, kita akan selalu di suruh untuk pergi ke sekolah, lulus dan cari pekerjaan yang paling menjamin kehidupan kita.

Rute sebagai karyawan adalah rute yang susah menjadi kaya dan bahagia walaupun bukan berarti kamu tidak bisa bahagia atau pun menjadi kaya dengan menjadi karyawan. Selalu kamu ingat bahwa kamu harus menukarkan waktu kamu untuk mendapatkan uang.

2. Small Business / Self-Employed (S)

Sebenarnya punya bisnis kecil atau ingin menjadi bos sendiri adalah rute paling susah dan juga paling gila untuk orang tempuh di kehidupannya, dan terkadang semakin kamu sukses di kuadran Small Business / Self-Employed (S) ini, sebenarnya bisnis kamu lebih tergantung dengan kamu.

Kebanyakan orang yang menjadi bos sendiri akan selalu tidak bisa percaya dengan karyawannya dengan menganggap pekerjaannya paling sempurna dan bisnisnya akan terus selalu kecil dan kamu malah harus banyak tukar waktu untuk uang dengan semakin kamu sukses.

Dan 95% populasi di dunia di dalam kuadran Employee (I) dan Small Business / Self-Employed (S), dan ini bisa di panggil sebagai Aktif Income atau pendapatan aktif karena harus selalu kerja untuk mendapatkan uang.

3. Big Business (B)

Di kuadran ini banyak miliarder yang menggunakan jalur Big Business (B), intinya mereka menggunakan waktu orang lain dan sistem untuk mendapatkan uang dan juga waktu luang.

Dan kalau kamu ingin mempelajari lebih dalam lagi bagaimana agar bisa berada di kuadran Big Business (B), sebenarnya tidak se ekstrim menjadi Employee (E) dan juga Small Business / Self-Employed (S) karena bisnis yang baik itu adalah seperti pohon.

4. Investor (I)

Kalau kamu menjadi orang yang super kaya, kamu akhirnya akan menjadi investor karena disini kamu akan menggunakan uang untuk mendapatkan uang dan waktu luang.

Dan kelas mainnya 5% dari populasi dunia yang berada di kuadran Big Business (B) dan Investor (I) atau ini bisa di panggil sebagai Pasif Income atau pendapatan pasif, dimana kamu tidak harus begitu kerja tapi kamu bisa menghasilkan uang karena berada di kuadran Big Business (B) dan Investor (I) adalah pola terbaik untuk memilih kebebasan secara finansial.

Dan yang tadi sudah dijelaskan di atas sebenarnya kamu bisa berada di beberapa kuadran, bukan hanya dari satu kuadran, Sebagai contoh kalau misalkan kamu seorang dokter dan kamu bekerja di rumah sakit yang berarti kamu berada di kuadran Employee (E).

Setelah kamu praktek di rumah sakit ternyata kamu buka klinik sendiri dan praktek privat yang berarti kamu berada di kuadran Employee (E) dan Small Business / Self-Employed (S). Setelah itu kamu mendirikan rumah sakit sendiri dan mempekerjakan dokter dan manajemen, dengan begitu kamu berada di kuadran Big Business (B).

Setelah kamu mendapatkan keuntungan, kamu menggunakan uang untuk berinvestasi di rumah sakit lainnya atau berinvestasi dengan membeli saham, dengan begitu kamu menjadi berada di kuadran Investor (I). Dan semua ini menjadi pilihan dan tergantung dimana kamu mau berada di kuadran tersebut.

Tapi menurut AKN, saran Rich Dad untuk berada di kuadran Big Business (B) dan Investor (I) adalah kuadran terbaik dan kamu juga harus ingat setiap kuadran memiliki tantangan dan pemikiran tersendiri, jadi kamu tidak bisa langsung loncat ke kuadran tersebut tanpa kamu belajar.

Baca juga:

Jadi, itulah sedikit penjelasan rahasia berpikir menjadi orang kaya pada bagian pertama ini dan tunggu artikel bagian ke dua selanjutnya.

Semoga kamu bisa menjadi orang kaya dengan rahasia cara berpikir di atas. Dan jika kamu anggap tulisan ini bermanfaat silahkan share ke media sosial agar teman-teman yang lain bisa mencoba berpikir sampai di posisi kuadran yang mana mereka saat ini. Salam luar biasa!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *